WELCOME TO MY LIFE Selamat membaca postingan di Blog ini.Terima Kasih atas kunjungannya


Khusus bagi pemilik motor honda Revo absolute atau product honda lainnya, Tips ini saya dapatkan dari situs honda motor, Saya ingin membagi tips tersebut kepada anda semua. Oke langsung saja Supaya motor kita tidak terlalu boros BBM yang sekarang sudah mahal.
Dalam Pemeliharaan
* Ukur tekanan ban dan pastikan ban tidak kempes sebelum berkendara.
* Pastikan seluruh komponen bergerak lancar, dan lumasi jika dirasa sudah mulai seret, seperti rantai, gir, dan bearing roda.
* Pastikan jarak bebas main rem cukup, sehingga roda tidak tertahan ketika rem tidak dioperasikan.
* Pastikan kondisi motor selalu dalam keadaan prima dengan menservis rutin di AHASS. Karena hanya di AHASS yang memiliki mekanik terlatih untuk menangani motor Honda dan dilengkapi alat-alat khusus.
* Gunakan selalu Honda Genuine Parts (HGP). Suku cadang asli Honda ini sama persis dengan parts yang menempel pada motor dalam kondisi baru. Parts ini dibuat dan sudah diuji sedemikian rupa, sehingga dapat bekerja sempurna dengan parts lain yang ada di motor.
* Gunakan ban dengan ukuran standar pabrik. Ukuran ban yang lebih besar dan lebar akan membebani mesin lebih berat.
* Hindari pemasangan aksesoris yang tidak perlu, apalagi memiliki bobot yang cukup berat.


CARA BERKENDARA
Setelah 2 hal di atas terpenuhi, cara berkendara merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang irit. Ini dia tipsnya yang diambil dari para juara Adu Irit Revo:

* Untuk Absolute Revo, konsumsi BBM paling optimal adalah dengan kecepatan konstan sekitar 30-40 km/jam di gigi 4.
* Buka gas secara perlahan-lahan (diurut) dan gunakan rem seperlunya.
* Jika ada hambatan di depan (misal ada lampu lalu lintas atau kendaraan berhenti), hentikan motor secara perlahan, jika kondisi memungkinkan, gunakan (injak) kopling dan biarkan motor melambat dengan sendirinya.
* Pilih jalan yang mulus dan tidak berlubang. Jalan yang berlubang akan menghambat laju motor.
* Hindari menggunakan putaran mesin yang tinggi, segera pindahkan gigi transmisi (lebih tinggi) ketika putaran mesin mulai tinggi.
* Bawa beban secukupnya. Tinggalkan barang-barang yang tidak perlu dibawa. Jika memiliki box tambahan, sebaiknya tidak perlu dipasang jika tidak membawa barang banyak. Semakin ringan bobot yang dibawa, semakin sedikit BBM yang diperlukan.
* Minimalkan hambatan udara/angin.

1. Gunakan pakaian dan jaket yang pas. Hindari membuka resleting jaket ketika motor berjalan karena akan memperbesar hambatan udara.
2. Gunakan helm standar dan gunakan visor (kaca helm) ketika berkendara. Visor (kaca helm) yang terbuka akan menambah hambatan udara.
3. Sebisa mungkin, hindari rute yang padat/macet dan melewati banyak lampu lalu lintas.

Nah, daripada menghabiskan uang untuk beli bensin, lebih baik uang yang tersisa hasil dari penghematan bensin tadi dikumpulkan dipakai buat keperluan lain, misalnya beli buku atau diberikan kepada yang lebih membutuhkan. Jauh lebih bermanfaat kan?!



Ayo Baca Yang Lainnya !!:

0 komentar:

Poskan Komentar